Sejarah Ilmu Pengobatan dan Ilmu Pijat di Indonesia

Sejak zaman dahulu ilmu pengobatan di indonesia menggunakan metode tradisional dimana bahan obatnya diambilkan dari apa yang ada di alam terutama tumbuh-tumbuhan atau hewan. Namun cara pengobatannya diadopsi dari daerah luar.

Ilmu pengobatan dan ilmu pijat di indonesia dipengaruhi oleh aliran ilmu pengobatan dari berbagai penjuru belahan dunia. Antara lain:
1. Dari daerah India
Peradaban budaya india masuk bersamaan dengan penyebaran agama budha dan hindu ke wilayah nusantara. dari keharmonisan budaya yang sekian lama terjalin dengan baik dan berlanjut hingga ke perdagangan dan struktur dari makanan dan minuman mempengaruhi kehidupan sehari-hari di nusantara. Cerita-cerita legenda yang berasal dari india pun selalu digunakan hingga saat ini. Legenda Ramayana, Mahabarata dan lain-lain yang berisi mantra-mantra sansekerta, ramuan, ramuan teknik meditasi, puasa dan tapabrata, ilmu kamasutra dan lain-lain.



2. Dari Daerah China
Ketika dinasti-dinasti melakukan perluasan wilayah kekuasaan ke arah barat arah asia tenggara sampailah ke pulau jawa. Peristiwa utusan dari cina sampai ke kerajaan kertanegara pulau jawa. Kerajaaan kertanegara berdiri sebelum kerajaan majapahit dalam peristiwa tersebut utusan dari kerajaan cina dipotong telinganya sebelah sebagai ungkapan kemarahan raja jayakatwang atas surat yang berisi agar kerajaan kertanegara tunduk pada kerajaan cina, atas laporan dari utusan tersebut dinasti cina mengirimkan pasukan untuk menyerang kerajaan kertanegara. Dari eksosdus dan penyerangan ada sebagian yang terbunuh dan ada sebagian yang masih hidup. Yang hidup berkolaburasi selama bertahun-tahun menyumbang berbagai buday dan keilmuan. Antara lain:
- Teknik beladiri
- Unsur meditasi
- Pengambilan hari baik
- Pijat refleksi
- Ramuan-ramuan ala cina
- Fengsui dan Hong sui
- Ilmu totok

3. Dari Timur Tengah
Peristiwa perang salib di wilayah timur-tengah yang menyebabkan beberapa tokoh muslim berusaha menyelamatkan misi mereka yaitu menyebarkan agama islam ke seluruh dunia dan menyelamatkan diri dari peperangan ke arah asia tenggara, kemudia mampir di wilayah pulau jawa di daerah nusantara. Pedagang-pedagang muslim berkembang pesat dan diterima baik oleh penduduk setempat sehingga penyebaran agama islam semakin berkembang dengan baik yang pada saat itu penduduk sebagian wilayah nusantara beragama hindu, budha, animisme dan dinamisme.

Dari penyatuan budaya yang sekian lama budaya dari timur tengah memberi sumbangsih budaya dan pengobatan yaitu;
- Doa-doa berbahasa arab
- Musik-musik padang pasir
- Dzikir dalam mengagungkan asma Alloh
- Makanan, minuman dan ramuan timur-tengah  (kurma, minyak zaitun, habatussauda, air zam-zam dll)
- Pengobatan Tibun nabawi (bekam)

4. Dari Jepang
bangsa jepang melakukan ekspansi kekuasaan ke wilayah asia, salah satunya ke Indonesia. Pada waktu ke wilayah indonesia budaya sudah semakin maju, sudah banyak tokoh-tokoh muda yang berfikir organisasi yang bertujuan supaya membawa kebaikan kepada masyarakat banyak, dri pemikir dan para tokoh inilah keluar kelebihan-kelebihan mereka yang disebabkan oleh tekanan pendudukan jepang.

Dari pengaruh pendudukan jepang tersebut menjadikan masyarakat dan tokoh pemikir bangsa bersatu. Unsur budaya ketegasan dan kedisiplinan muncul. Beladiri jepang dan pengobatan jepang dipakai. Pengaruh jepang dalam ucapan "Jepang sebagai saudara tua kita mempercepat tekanan penggunaan budaya dan pengobatan ala jepang.

5. Dari Eropa
Setelah peristiwa perang salib wilayah eropa semakin kuat, perdagangan semakin baik. Mereka menyebar pengaruh ke penjuru dunia dan sebagian mereka datang ke wilayah nusantara. Di wilayah nusantara mereka terpesona oleh keindahan dan rempah-rempah nusantara yang sangat bermanfaat untuk mengatasi dingin di musim salju, selain itu juga memiliki nilai jual yang tinggi.

Dari hasil perdagangan rempah-rempah yang semakin baik sehinnga membentuk koloni-koloni perdagangan yang bertujuan melenggangkan usaha perdagangan rempah-rempah nusantara dari lamanya orang-orang eropa hidup di nusantara meninggalkan budaya yang bermanfaat antara lain:
- Pengenalan nama benda, tanaman dan khasiatnya.
- Pengembangan budidaya tanaman obat, pertanian, perkebunan.
- Pasca panen tanaman.
- Teknik Pengobatan dan operasi modern
- Industri dan transportasi modern.

Dari gabungan berbagai aliran pengobatan dari belahan penjuru dunia, aliran pijat di nusantara memiliki aliran pengobatan yang lebih lengkap tetapi tidak sam dengan karakter ilmu pengobatan dari daerah asal. Pijat tradisional di indonesia yang dahulu hanya dikenal di pedesaan, sekarang ini sudah diminati oleh masyarakat di perkotaan. Banyak orang memanfaatkan pijat tradisional ini untuk memperoleh kesembuhan, kesehatan, dan kesegaran setelah menempuh perjalanan jauh, sehabis olah raga, bekerja berat sehingga kesehatan badan mereka pulih kembali