Cara menghindari stres depresi pikiran

Orang hidup mempunyai permasalahan yang berbeda-beda, dan bagaimana cara menghindari stres dan depresi ?. Ada yang orang mempunyai masalah ringan, sedang, berat semua itu adalah cobaan hidup yang perlu dihadapi agar kualitas hidup semakin bertambah kokoh. Masing-masing individu pasti mempunyai kebiasaan yang berbeda dalam mengatasi stres pikiran. Berikut ini adalah kebiasaan yang baik dalam menghilangkan stres dan depresi:
1. OlahRaga
Olahraga merupakan salah satu cara yang mudah untuk mengatasi stres. Dengan berolahraga akan menghasilkan endorfin alami yang membantu menempatkan suasana hati dan pikiran kita menjadi lebih baik. Banyak penelitian bahwa dengan berolahraga akan meningkatkan ketenangan, ini disebabkan meningkatnya aliran oksigen yang masuk ke otak sehingga tubuh lebih fresh. Namun jangan lupa berolahragalah secara baik dan benar agar memperoleh manfaatnya yang luar biasa.


2. Minum Air putih yang berkualitas
Sering orang tidak tahu yang namanya dalam kondisi dehidrasi atau bahkan ada yang mengabaikan, padahal tubuh kita membutuhkan air karena 95% tubuh kita berisi air. Jika mengalami dehidrasi maka akan merasa lesu, pemarah dan sakit kepala. Tubuh sering salah menafsirkan haus menjadi perasaan lapar, sehingga haus dihilangkan dengan makan makanan maka hal ini memicu obesitas. Sebaiknya minumlah air putih yang berkualitas, tidak baik jika anda minum soft drink dan minuman yang mengandung pemanis.

3. Tidur yang Cukup dan Berkualitas
Tidur juga merupakan salah satu aktifitas untuk memulihkan kondisi otak, memperbaiki sistem kekebalan tubuh, dan menyimpan energi untuk hari berikutnya.Tidur di malam hari yang cukup akan membuat pikiran kembali jernih, jika dirasa kurang tidurnya bisa ditambah dengan tidur siang secukupnya sampai kondisi tubuh lebih fit.

4. Berdoa dan berdzikir
Berdoa mengucapkan suatu kalimat yang baik biasanya dalam bahasa arab yang dilandasi dengan sikap tunduk memohon kepada sang pencipta. Dengan ikhlas mengucapkan kalimat-kalimat doa diharapkan mampu menambah kepercayaan diri dan jiwa menjadi tenang. Jika liputi dengan berbagai masalah dzikir dan doa menjadi solusi terbaik guna mengatasi stres. Doa dan dzikir dari orang lain juga sangat diharapkan untuk menghilangkan depresi orang lain.

5. Terapi meditasi
bantuan terapis sangat dibutuhkan dalam menyembuhkan stres, banyak model terapi dan meditasi yang digunakan untuk menyembuhkan pasien stres. Semua tergantung dari para terapis menggunakannya metode seperti apa, yang jelas dengan metode meditasi bisa menghilangkan stres dan was-was.

6. Memperoleh asupan vitamin D dan asam lemak omega 3.
Vitamin D dan asam lemak omega 3 merupakan nutrisi khusus yang sangat penting diperlukan untuk membantu otak, ironisnya kita sering tidak mendapatkan yang cukup dari yang kita makan. Sinar matahari pagi sangat baik untuk mendapatkan vitamin D. Namun sekarang banyak produk tabir surya yang menghalangi penyerapan vitamin D pada kulit.

7. Makan buah dan sayuran
Banyak makan buah dan sayuran sangat membantu memelihara kesehatan tubuh bahkan otak. Seperti makan makanan tertentu bisa mengembalikan mood. contahnya ketika makan coklat diyakini bisa menambah mood, sehingga bisa mengatasi depresi. Masih banyak makanan lain yang bisa menggairahkan fungsi otak.

8. Melakukan kebiasaan hobi
Hobi merupakan suatu aktifitas kesenangan yang hampir setiap orang punya dan setiap orang hobinya berbeda-beda. Salah satu cara untuk menghilangkan stres dengan menyalurkan pikirannya ke hobi. Diharapkan dengan melakukan hal yang disukainya pikiran akan menjadi rileks.

9. Dengan senyum ramah kepada orang
senyuman adalah hal yang bisa merubah suatu kondisi. Jika orang sedang marah maka salah satu solusi meredam marah dengan senyum. Dengan senyum akan membuat otot-otot wajah menjadi rileks dan kepala menjadi plong. Namun membuat orang lain senyum bahagia itu sangat sensasional.

10. Bersyukur dan berterima kasih pada orang lain
Orang yang rutin bersyukur dan berterima kasih kepada orang lain akan memberikan dampak yang positif. Apapun keadaannya hendaknya bersyukur, tanpa memikirkan beban saat ini. Sehingga pikiran positif tetap terjaga terhindar dari stres.

Dengan melakukan salah satu tips diatas, diharapkan anda dapat menghindari stres dan depresi pikiran dalam kehidupan. Berpikiran positif dan melakukan kebiasaan yang baik bisa mempertahankan pikiran yang sehat.